Sunday, September 16, 2012

ROADRUNNER Records


The First Runner..
Sejarah Roadrunner (RR) bermula pada tahun 1980, saat Cees Wessels, eks marketing executive di label RCA and Polygram memutuskan untuk membuka sebuah usaha di Amsterdam yang bernama Roadracer Records.
Sebagai seorang pecinta musik keras, Cees memfokuskan usahanya sebagai importir repertoir band metal di Amerika Utara, dan memperkenalkan mereka pada pendengar musik Eropa.

Akhirnya Cees memutuskan untuk membuka kantor cabang di beberapa negara, dan mulai mengontrak artis. dengan bantuan staffnya yang rata-rata masih muda dan dekat dengan pelaku metal dan punk, label ini berkembang cepat, dan menjelma menjadi label musik keras tersukses seantero jagad ini.

Unik
Sejak pertama kali RR dikenal punya pendekatan unik. Menurut Cees, hal ini dimungkinkan kaarena dia merekrut pegawai-pegawai yang rata-rata dekat dan sejiwa dengannya. Dan sama-sama punya visi untuk membangun sebuah label rock yang diperhitungkan di dunia. Gak peduli, berapapun umurnya, dan apa pekerjaan mereka sebelum bergabung dengan RR.

HANYA DENGAN 5 ORANG PEGAWAI DI TAHUN 1989, RR SUSKSES MERILIS 3 ALBUM YANG PERLU DIKENANG DI TAHUN TERSEBUT. DAN SALAH SATUNYA TERJUAL HINGGA 600.000 KOPI DI SELURUH DUNIA

1980
Cees mendirikan Roadracer Records di Amsterdam, label yang mendistribusikan album-album rock, metal, dan punk Amerika ke daratan Eropa. Belakangan, Roadracer berganti nama menjadi Roadrunner Record dan bertahan sampai sekarang.
1981

RR merilis album pertamanya. Produk pertama RR diberi kode RR9999 dan berkurang satu angka di tiap rilisan berikutnya. Rilisan pertama RR adalah album Jim Croce, seorang vokalis rock Amerika, yang berjudul Zijn Grootste Successen.
1982

RR merilis album Twisted Sister, Under the Blade.
RR juga merilis beberapa lagu anak-anak. Charlotte Aardbei, Barbie, dan Paul van Gorcum adalah beberapa rilisan lagu anak-anak RR.
1983

Kill Em All milik Metallica dan album-album Loudness, band metal asal Jepang dirilis RR di Eropa.
1985

A&R RR mulai mencari talenta yang siap di-signed langsung di bawah label mereka. Pencarian ini dilakukan hingga ke Brasil. Band pertama yang digamit RR adalah King Diamond, Annihilator, dan Obituary.
Single pertama King Diamond, No Presents for Christmas dirilis.
1986

Fatal Portrait, album perdana King Diamond rilis.
RR memperluas bisnis ke Amerika dan membuka kantor pusat di New York. dilanjutkkan dengan beberapa kantor cabang di Inggris, Jerman, Prancis, Jepang, Australia, Denmark, dan terakhir Kanada.
1988

Sepultura, band death metal Brasil, bergabung dengan RR.
1989

Album perdana Obituary, Slowly We Rot, album pertama Annihilator, Alice in Hell, dan album perdana Sepultura di bawah label RR, Beneath the Remains dirilis.
Beneath the Remains milik Sepultura jadi rilisan internasional pertama RR yang terjual lebih dari 600.000 kopi di seluruh bumi.
1993

Album Chaos A.D milik Sepultura jadi album perdana RR yang menembus top 40 di chart Billboard. Di era ini juga RR kedatangan band-band seru macam Life of Agony, Machine Head, Suffocation, dan Type O Negative, yang jadi spesial karena jadi band pertama RR yang menerima sertifikasi Gold dari RIAA untuk album Bloody Kisses.
2000

Slipknot jadi band pertama RR yang sukses meraih sertifikasi platinum.
2001

RR mengikat kontrak distribusi dengan Universal Music.
2005

dalam rangka ultah RR yang ke 25, RR mengorganisir artisnya untuk merilis album bertajuk Roadrunner United. Isisnya adalah 57 artist dari 45 Roadrunner band, jaman dulu dan sekarang. The All Star Sessions ini berkembang jadi sebuah konser yang megah dan berakhir menjadi sebuah DVD konser.
Dragon Force, Trivium, dan Opeth bergabung ke RR.
2006

Megadeth dan Dream Theater bergabung ke RR.
Warner Music Group membeli 73,5% saham Roadrunner Music Group B.V.,parent company RR.
2008
RR terpilih sebagai Best Metal Label versi majalah Metal Hammer dan bertahan sampai saat ini.
2010
RR menjadi salah satu anak label dari Warner Music Group.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...