Friday, September 14, 2012

5 Mitos Mengenai Musik Metal

Oleh: Jalaksana Winangoen
[UNIKNYA.COM]: Banyak orang yang underestimet dengan keberadaan aliran musik yang satu ini. Namun banyak pula orang yang mengapresiasi mereka begitu rupa hingga mengantarkan mereka sebagai musisi atau grup musik metal papan atas dunia. Berikut 5 mitos mengenai musik metal:

1. Berteriak Tak Karuan
Banyak orang yang beranggapan, vokalis musik metal tak lebih dari sekedar orang yang sedang berteriak-teriak tak karuan. Antara menyanyi dan berteriak tak karuan tak ada bedanya. Stereotipe ini banyak di pahami mereka orang-orang awam. Faktanya, menyanyikan lagu metal sangatlah sulit. Memang tampaknya seperti mudah, padahal didalamnya menyangkut tehnik vokal yang sangat rumit dan beragam, dari menggeram, berteriak, menjerit, hingga tehnik lainnya.



Berteriak Tak Karuan (Sumber: api.ning.com)

2. Talenta “Nol” Bermain Alat Musik
Banyak pula yang beranggapan, memainkan musik metal tak perlu piawai dalam memainkan alat musik. Hal ini bisa jadi dikarenakan musisi metal bersembunyi dibalik irama distorsi dengan hentakan alat musik yang hingar bingar seperti tak karuan. Padahal tidak sedikit pula beberapa profesional musik malahan beranggapan Jazz dan metal adalah dua genre musik sulit untuk dimainkan.


Talenta "Nol" Bermain Alat Musik (sumber: wikipedia.org)

3. Buruk Bagi Anak-anak
Musik metal dikonotasikan sangatlah buruk bagi perkembangan anak. Dan jenis musik yang satu ini sangatlah tidak baik hingga dikhawatirkan meracuni pikiran anak-anak. Padahal beberapa ahli berasumsi bahwa mengekspresikan permasalahan atau stres pada anak bisa disalurkan melalui jenis musik yang satu ini.


Buruk Bagi Anak-anak (Sumber: think-aboutit.com)

4. Identik Seks & Obat Terlarang
Para punggawa musik metal selalu dikaitkan kedekatannya dengan hal-hal berbau seks dan penggunaan obat terlarang dan alkohol. Memang banyak grup atau musisi metal sedikit banyak bermasalah dengan dua hal diatas. Namun faktanya tidak sedikit pula beberapanya malahan sebaliknya jauh dari hal-hal seperti itu.


Identik Seks & Obat Terlarang (sumber: wordpress.com)

5. Musisi Metal Berandalan dan Tidak Berpendidikan  

Memang kebanyakan orang mengatakan bahwa lyriks musik metal tidaklah beradab dan Cuma mengubar kalimat-kalimat tak karuan. Pada kenyataannya, banyak pula musisi metal yang sangat cerdas, sangat terfokus yang mampu menulis dalam makna lirik begitu dalam. (**)


Musisi Metal Berandalan dan Tidak Berpendidikan (Sumber: blogspot.com)

Sumber: www.listverse.com, uniknya.com, Agustus 2011

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...