Sunday, September 16, 2012

80's: From Rock to Metal

1985

Banyak bermunculan festival band rock dalam berbagai versi. salah satunya yang paling ngetop adalah Festival Rock se-Indonesia garapan Log Zhelebour yang salah satu rewardnya adalah masuk album kompilasi yang diproduseri langsung oleh Log. Beberapa nama band rock papan atas selalu muncul dari festival ini. Roxx adalah salah satu finalis yang akhirnya dibuatkan
full album.

1980

Tongkrongan Apotek Retna mulai muncul pelan tapi pasti. Para penggemar musik keras yang berasal dari sekolah-sekolah di wilayah Jakarta Selatan sering berkumpul di sini tiap malam."ga ada yang tau awalnya kenapa kok tempat yang dipilih adalah apotek. Tapi bisa jadi karena anak-anak Razzle dulu rumahnya di Cilandak,"analisa Haryo.

1988

Pid Pub di bilangan Pondok Indah mulai diramaikan oleh band-band cadas. Hampir semua band cover yang muncul di era akhir 80-an pernah main disini. Sayang ga berlangsung lama, tahun 1992 pub legendaris ini sudah tutup.

1989

PL Fair pertama digelar. pensi SMA Pangudi Luhur Jakarta inilah secara rutin sampai sekarang terus menjadi ajang pembuktian band cadas dalam menaklukan para fans-nya yang memang didominasi oleh remaja. Setelah PL Fair, langsung banyak bermunculan pensi versi sekolah lain yang makin menghidupkan scene rock saat itu. Waktu itu, yang paling sering ditanggap manggung adalah Razzle, Roxx, dan Brawijaya Band.

1990

Album 10 finalis Rock se-Indonesia 1989 dirilis. Album itu memuat karya band Roxx berjudul Rock Bergema, yang kemudian menjadi lagu wajib setiap kompetisi rock band pada masa itu.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...